MUSIKALISASI PUISI

by - March 03, 2013

Hai. 
Waktu itu gue pernah cerita kan ya gue sedang disibukkan dengan praktik bahasa Indonesia musikalisasi puisi buat nilai di ijazah? Ya, gue remed hahahahahahahahahahikshahahahahahahaha. Jadi ini berkelompok. Kelompok gue ada 10 orang. Dan baca puisinya 1 bait 1 orang. Puisi kelompok kita tentang Ibu gitu. Pas bagian gue, tiba-tiba aja gue lupa syairnya apa. Suddenly blank! Padahal waktu latihan gue ingat dengan jelas syair bagian gue apa. 

Syair asli:
Aku menuturimu dengan dalil-dalil agama
Aku mengajarimu dengan teori-teori ilmiah

Pas gue baca:
"Aku menuturimu dengan .............mmm dengan teori-teori ilmiah"
"Aku mengajarimu dengan dalil-dalil agama"

Jadi terbata-bata gitu deh. Terus ada yang ketuker. Udah mah lupa, terbata-bata, ada yang ketuker, suara juga gak kenceng-kenceng amat, ekspresi juga gak dapet, guru bahasa Indonesia gue juga orangnya strict banget gitu. Remed deh :"<

Jadi....gue pun remed. Dan remednya adalah membaca 1 puisi karya sastrawan terkenal di depan kelas. Gue ngambil puisinya Chairil Anwar yang berjudul Doa. Keren banget deh puisinya. Gue masih hafal.

Doa
Karya: Chairil Anwar

Kepada pemilik teguh

Tuhanku
Dalam termangu aku masih menyebut nama-Mu

Biar susah sungguh
Mengingat Kau penuh seluruh

Caya-Mu panas suci
Tinggal kerdip lilin di kelam sunyi

Tuhanku
Aku mengembara di negeri asing

Tuhanku
Di pintu-Mu aku mengetuk
Aku tidak bisa berpaling

Dalem yah? :">
Kayaknya gue emang ditakdirkan Allah untuk remed musikalisasi puisi supaya bisa membawakan puisi bagus ini di depan orang-orang banyak. Di depan temen-temen sekelas.

Gue pun remed dan membawakan puisi tadi di depan kelas. Setelah itu gue dipanggil bu Ye dan diajak ngomong eye to eye. Katanya ekspresi gue (lagi-lagi) gak dapet. 

Bu Ye: "Coba pejamkan matamu. Bayangkan kamu sendirian, sendiri, bingung, tak ada yang menemani, yang kamu bisa lakukan hanya berdoa. Coba bayangkan. Sudah? Coba baca lagi di depan kelas."
Gue: *dalam hati* what? Baca lagi depan kelas? Ampun deh cha lo ckckckck 

Gue pun berakhir dengan membawakan puisi itu di depan kelas 2 kali -___- 
Hhhhh jangan suruh gue baca puisi lagi.



chacha
XO♥XO

You May Also Like

0 comment

Call Me Pinky is an online journal that shares life adventure, dream, and all other random good things. Thank you for taking your time reading this site and for leaving comments. I appreciate that a lot. xx