RESPECT EACH OTHER

by - July 10, 2013

Hai blog. Liburan ini gue di rumah aja. Waktu itu doang perpisahan kelas ke puncak. Udahannya di rumah doang. Seperti biasa, home sweet home. Jadinya gue lebih banyak menghabiskan waktu depan tv, nonton nat geo wild lah, wimbledon, spongebob, film-film, apapun yang bisa ditontonlah pokoknya.

Nat geo wild udah ngajerin gue suatu hal yang sungguh mulia. Patut dicontoh. Tapi secara tersirat. 
Dari situ gue belajar untuk selalu menghormati hewan-hewan dimanapun mereka berada. Setiap hewan diluar sana selalu berjuang habis-habisan mempertahankan hidupnya dari serangan predator atau dari perubahan iklim yang ekstrim. Masing-masing dari mereka bahkan mempunyai cara yang incredibly unique dan berbeda-beda.

Semut mampu mengangkat sesuatu yang beratnya 12x bobot tubuhnya sendiri. Itu kayak manusia ngangkat mobil. Gue ngangkat badan gue sendiri aja pas sit-up gak kuat. Dan semut bekerja sama bersama seluruh koloni saat menghadapi predator, mati-matian melindungi sang Ratu. Singa bisa melihat dengan sangat jelas di malam hari walaupun tidak ada cahaya sedikit pun. Buaya punya suatu sensor gerakan di tubuhnya yang membuatnya merasakan adanya "makanan" bahkan dari jarak 10 meter sekalipun saat ia sedang berada dalam air.

Mampu mengangkat beban 12x bobot tubuh sendiri, penglihatan yang luar biasa di malam hari, dan sensor gerakan hanya contoh kecil kelebihan fisik hewan-hewan ini. Kita manusia emang gak punya sensor gerakan seperti buaya dan penglihatan seperti singa, tapi Allah kasih yang lain, otak.

Untuk berlindung diri kita bisa masuk ke rumah yang telah dibuat sedemikian kokoh yang membuat kita selalu merasa aman. Kita bisa mengancam lawan dengan pistol atau dengan semprotan merica. Kita bisa menanam beras dan sayur mayur supaya kita gak membunuh satu sama lain untuk bisa makan layaknya hewan-hewan di afrika sana. Kita emang gak punya penglihatan seperti singa, tapi kita punya lampu. 

Otak dan kecerdasan yang Allah berikan kepada kita adalah jawabannya.
Kata singa rumput mungkin gak enak, tapi seandainya mereka dianugerahi otak layaknya manusia, bisa aja mereka menemukan cara mengubah rumput menjadi sesuatu yang enak dengan memasaknya dan diberi bumbu-bumbu penyedap seperti apa yang dilakukan manusia dan menyebutnya sayur. Could be, right?
Tapi beberapa manusia salah memfungsikan otak dengan baik. Tidak menggunakannya dengan bijak.

Orang-orang ini, atau biasa kita sebut pemburu, tega memutar otak pintar mereka mencari jalan untuk bisa memburu harimau dan mengambil kulit loreng-lorengnya yang indah untuk dijadikan dompet. Tega memburu gajah untuk diambil gadingnya. Memburu gorila untuk diawetkan dan dipajang di ruang tamu. Mengambil hutan-hutan rumah beruang untuk dijadikan daerah pemukiman. Memburu ikan hiu untuk diambil siripnya dan dijadikan sup yang enak. Oh come on, bukan ini alasan Allah ngasih kita otak dan kecerdasan yang luar biasa.

Pernah terbayang seandainya semua ini berbalik?

Ikan hiu dengan kecerdasannya menemukan alat agar mereka bisa jalan dan bernapas di darat kemudian memburu manusia untuk diambil tangannya dan dibuat sup yang lezat layaknya manusia memburu sirip mereka? Ikan-ikan membom rumah-rumah manusia sebagai ganti memancing layaknya manusia memancing ikan dengan membom rumah mereka, terumbu karang? Harimau memburu manusia untuk dikuliti dan dijadikan dompet yang lucu? Beruang-beruang mengambil alih rumah manusia untuk dijadikan daerah pemukiman beruang sehingga kita manusia tidak tahu lagi harus tinggal dimana? Membayangkannya saja sudah terdengar mengerikan kan? Tapi bagi hewan-hewan ini, semua ini kenyataan.


Seekor ibu singa rela mempertaruhkan nyawanya demi melindungi sang anak dari serangan singa jantan lain yang bersikeras membunuh anak-anak singa tersebut. Karena saat seekor singa jantan menginginkan seekor ibu singa yang sudah punya anak sebagai pasangannya, maka terlebih dulu dia harus membunuh anak-anak ibu singa tersebut, baru dia bisa mendapatkan ibu singa itu dan membangun keluarga baru. Hidup mereka sudah cukup ekstrim tanpa ada gangguan dari kita manusia. Tapi sekarang mereka harus melindungi diri dari para predator dan juga pemburu. Tegakah kau?


Gue yakin betul inilah alasan mengapa ada acara nat geo wild dan mengapa Allah menganugerahi manusia otak dan kecerdasan yang tiada batasnya. Karena 1 dari 6 milyar manusia di bumi akan penasaran bagaimana hewan-hewan liar ini bertahan hidup sehingga berusaha mempelajarinya. Dan setelah mereka mendapatkan jawabannya, mereka share itu semua lewat acara nat geo wild ini yang akhirnya membuat kita sadar bahwa baik manusia maupun hewan sama-sama berjuang melalui manis pahitnya kehidupan.

Hewan-hewan ini juga makhluk Allah, punya nyawa, punya hati dan sama-sama akan kembali ke Allah saat mati. Kita ini sama. Hanya kecerdasan yang membuat kita manusia sedikit lebih mulia. Biarkan mereka urus diri mereka sendiri dari kejamnya predator dan ganasnya perubahan iklim. Hormati mereka dengan tidak mengganggu mereka. Hidup ini sudah begitu seimbang dengan kita yang tidak mengganggu mereka. Allah made us perfectly. Yaaa walaupun gue ngomong begini tetep aja gue suka jail kalo liat kucing kampung lewat hehehehehehe

Jadi sudah sepantasnya kita bersyukur terlahir sebagai manusia. Karena walaupun hidup ini keras, tapi bisa lebih keras lagi kalau kita adalah seekor singa jantan yang terus dikejar-kejar pemburu untuk diambil kepalanya yang cantik dan dipajang di ruang tamu deket perapian. 
Respect them. They share the planet with us. Ok?


Ngomong-ngomong, menjawab omongan Ratu di blognya,
Gue sebenernya udah ngerasa kayaknya dia bakal posting tentang menyambut awal Ramadhan pake gambar yang ada di postingan gue sebelumnya. Makanya gue buru-buru posting duluan biar gak dibilang ngikutin. Ternyata bener kan. Kayaknya emang jodoh :pp

Ok, jadi selamat menunaikan ibadah puasa hari pertama, teman-teman. Semoga puasanya lancar dan semoga abis baca ini jadi lebih sayang sama binatang-binatang di luar sana dan gak makan sup sirip hiu lagi :)



chacha 
XO♥XO

You May Also Like

0 comment

Call Me Pinky is an online journal that shares life adventure, dream, and all other random good things. Thank you for taking your time reading this site and for leaving comments. I appreciate that a lot. xx