I AM TIGER WARRIOR

by - May 20, 2017

Pada Oktober 2016, gue tergabung sebagai Tiger Warrior di WWF Indonesia. Di postingan ini gue akan cerita selengkap-lengkapnya tentang apa itu Tiger Warrior, bagaimana gue bisa bergabung dengan WWF Indonesia sebagai salah satu Tiger Warrior, kenapa gue memutuskan untuk bergabung dan hal-hal yang berkaitan lainnya.

Jadi sejak kecil gue memang suka banget sama yang namanya binatang. Terutama Big Cats. FYI, yang termasuk Big Cats hanya 4 spesies kucing, yaitu Singa, Harimau, Macan Tutul dan Jaguar. Selain itu tidak termasuk Big Cats. Big Cats diklasifikasikan pada kemampuan mereka mengaum. Bukan pada tubuh besarnya (Sumber: National Geographic). Sehingga meskipun Cheetah ukurannya besar, tapi Cheetah tidak termasuk Big Cats, karena mereka tidak mengaum. Oke, itu sekedar informasi. Lanjut. Ya pada dasarnya Big Cats itu cinta mati gue sih. Gak ada binatang yang lebih gue suka dari Big Cats. Terutama Singa dan Harimau.

Gak pernah sekalipun gue melihat Singa dan Harimau seram. Bagi gue mereka adalah binatang pintar yang selalu terlihat keren dan gagah. Begitupun dengan Big Cats yang lain. Nah di suatu hari Sabtu siang saat sedang leyeh-leyeh sambil scrolling section explore di Instagram, gue ketemu postingan WWF Indonesia yang ini;



Memang di postingan di atas belum merujuk pada program Tiger Warrior. Tapi postingan di atas sudah cukup untuk membuat gue membuka profil Instagram wwf_id dan ingin mencari tahu lebih lanjut. Kemudian gue scroll terus sampai ke bawah-bawah. Gue menemukan banyak postingan serupa dan gue semakin merenung dalam sunyi sambil ngerasa sedih.









Hingga akhirnya gue sampai di postingan Instagram wwf_id yang merujuk pada program Tiger Warrior.




Jadi sebenarnya, nama program aslinya bukan Tiger Warrior, tapi WWF Warrior. WWF Warrior adalah program donasi berkelanjutan yang di inisiasi oleh WWF untuk menggalang dukungan masyarakat secara luas guna menyelamatkan satwa kunci & asli Indonesia beserta habitatnya, yaitu Harimau, Gajah, Orangutan dan Penyu. Setiap satwa tersebut wajib diperjuangkan pelestariannya, dan orang-orang yang turut berjuang didalam proses pelestariannya layak disebut Warrior. (Sumber: wwf.id/donate)

Di WWF Warrior ini terbagi lagi menjadi Tiger Warrior, Elephant Warrior, Turtle Warrior dan Orangutan Warrior. Karena cinta mati gue adalah Harimau, maka bergabunglah gue sebagai Tiger Warrior. Nah donasi yang bisa kita berikan setiap bulannya terserah pada kita dengan dimulai dari Rp100.000,- saja! Makanya tanpa pikir panjang gue langsung mau gabung.

Bergabung menjadi Tiger Warrior syaratnya cukup punya kartu kredit atau rekening tabungan Mandiri. Tapi karena gue gak punya keduanya, akhirnya gue kirim email ke WWF Indonesia dan bilang kalo gue mau gabung tapi minta metode pembayarannya via transfer saja. Karena metode itu yang paling mudah buat mahasiswa kayak gue. Dan WWF meng-iya-kan! Gue saat itu bahagia banget. Kemudian pihak WWF ngirim formulir yang harus diisi dan ditandatangani dengan materai. Terus transfer donasi pertama dan kirim bukti transfernya melalui email. Gue masih harus nunggu 3-4 minggu untuk formulir gue di acc. Sampai akhirnya email ini datang dan gue resmi tergabung sebagai Tiger Warrior.  

I'm officially a Tiger Warrior
Emang ya kalo ada keinginan pasti ada jalan :)

Nah semenjak itu gue mulai jualan pulsa lagi. Waktu itu jualan pulsanya sempat terhenti. Tapi sejak tergabung sebagai Tiger Warrior gue mulai jual lagi dan sambil sering-sering kasih pengumuman kalo penghasilannya akan didonasikan ke WWF Indonesia dalam program donasi Tiger Warrior. Tujuannya bukan buat cari dananya, tapi untuk raise awareness-nya. Dengan harapan semakin banyak yang sadar bahwa sebenarnya satwa kunci Indonesia yang satu ini, Harimau Sumatera sang Raja Hutan, sedang di ambang kepunahan. Alhamdulillah pas hari pertama broadcast message tersebut respon temen-temen bagus banget. Saat itu sejujurnya dalam hati nangis bahagia 😭😭😭💗💗💗


Dalam rangka meningkatkan kesadartahuan


Sebenarnya kenapa gue mau melakukan ini pun sederhana. Gue cinta Big Cats. Gue gak mau mereka punah. Hilang dari dunia. Entah dari mana awalnya, Big Cats selalu punya tempat spesial di hati gue. Kecintaan gue terhadap Big Cats yang mendorong gue untuk ikut serta pada program ini. Gue mau melakukan aksi yang nyata. Gue mau berkontribusi dengan apa yang gue bisa. 

Harapan gue semoga program Tiger Warrior sukses besar. Berhasil melipat gandakan populasi Harimau Sumatera untuk bertahun-tahun yang akan datang :)





chacha, animal enthusiast, Big-Cat lover 
XO♥XO

You May Also Like

2 comment

  1. Haloo.
    Aku lg nyari2 banget org yg sharing ttg WWF warrior. Mau nanya ttg sistem pembayaran per bulan kl melalui transfer ATM kyk kamu itu ada pemberitahuan atau gimana? Aku jg sama mahasiswa,yg gpunya creditcard.
    Kl kamu cinta mati banget sm tiger, aku pengen gabung sbg OrangUtan Warrior.
    Mohon infonya thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, Gradiska.
      Itu gak ada pemberitahuannya. Waktu itu emang inisiatif aku sendiri yg nanya WWF via email bisa gak kalo donasinya via transfer. Ternyata bisa. Yaudah deh langsung dikasih formulir pendaftaran dan no rek WWF. Begitu. Semoga membantu ya :)

      Delete

Call Me Pinky is an online journal that shares life adventure, dream, and all other random good things. Thank you for taking your time reading this site and for leaving comments. I appreciate that a lot. xx