OCTOBER MEAL CHALLENGE

by - September 30, 2017

Photo via sixpackbros

Bulan ini gue bikin challenge buat diri gue sendiri yang menurut gue cukup gila. Meskipun sebenarnya tidak sulit untuk dilakukan, tapi tetap ide yang cukup gila karena gue belum pernah melakukan ini sebelumnya. Itulah kenapa disebut challenge atau tantangan kan. Jadi untuk bulan Oktober 2017, gue menantang diri gue sendiri untuk TIDAK membeli makan di luar s a m a  s e k a l i. Gue tidak boleh beli makan berat (nasi dan lauk pauk), makanan ringan kemasan, minuman berasa, junk food, gorengan atau apapun itu. Gue harus masak sendiri. Mulai dari sarapan, makan siang, makan malam sampai snack-di-kala-lapar-melanda semuanya harus bikin/masak sendiri.

Ada beberapa hal yang mendasari gue melakukan ini. Salah satu yang paling utama; biar hemat. Makanya goal no. 1 dari challenge ini adalah gue punya sisa uang berapa di akhir bulan. HAHA. Karena memang tujuan ini semua adalah biar hemat. Meskipun gue tau sih kalo beli makan di luar mulu itu emang lebih boros daripada masak sendiri, tapi gue gak pernah ngalamin perbedaannya (karena hampir gak pernah masak sendiri) sampai akhirnya kemaren waktu Kerja Praktek. Jadi gue KP di Pertamina RU II Dumai yang selama disana tinggal di rumah abang sepupu, bang Aput, bareng Yani (partner KP) juga. Selama satu setengah bulan disana kita selalu masak makanan kita. Jarang banget beli. Beli pun cuma jatah lauk makan siang di kantin kantor karena emang gak sempet masak paginya (bawa nasi sendiri HAHA). Nah terus karena kita masak, kita pasti belanja bahan makanan dong. Kita ke pasar tuh, dianterin bang Aput. Pas di pasar, gue kayak yang kaget banget ternyata bahan-bahan masakan itu SUPER DUPER murah. Kayak kangkung 3 ikat cuma 5rb. Wortel ½ kg 6rb. Ayam 1 kg 10 potong 30rb. Dan itu bisa buat beberapa kali makan. Kita beli kangkung, ayam, wortel, kol, kentang, tomat, buncis dll gue lupa apalagi, segitu bisa untuk porsi 3 orang yang habisnya kurang lebih seminggu kemudian. Total harga semuanya pun kurang dari 100rb saja! Gila sih gue kaget banget. Jatah makan seminggu 100rb men.. Pulang dari situ gue mikir, gila, beli ayam 1 kg dapet 10 potong cuma 30rb. Makan kfc 1 porsi kena 35rb. O M G. Gue harus masak sendiri!


Lalu alasan kedua dan ketiga; lebih higienis dan sehat. Kenapa higienis? Tarolah contohnya masak kangkung. Karena gue yang bikin sendiri, gue akan memilah daun-daun kangkung yang udah layu dan yang bolong-bolong digigit ulat. Kalo beli di warung, siapa yang tau kan kalo ternyata kangkungnya main langsung dipotong-potong dan dimasak aja tanpa dipisah-pisah yang daunnya udah jelek. Mending kalo cuma daun aja yang jelek, kalo ternyata masih ada uletnya?! Terus juga kenapa lebih sehat? Karena sebisa mungkin prinsip gue masak adalah no msg. Gue menghindari bumbu-bumbu penyedap instan. Bumbu penyedap andalan gue cukup garam dan lada. Salt and pepper. Gak perlu masak* karena salt n pepper udah cukup banget, hasil masakan udah enak banget.

Gue berusaha menghindari msg karena goal gue di tahun 2017, yang gue pernah post di postingan ini, adalah untuk memulai pola hidup sehat. Gak msg aja sih. Yaa utamanya no msg and less sugar. Gue sering baca bahwa di usia 20-an yaitu usia gue sekarang adalah masa-masa emasnya tubuh manusia. Tubuh sedang dalam performa terbaik. Rasanya sayang kalo masa-masa ini gue habiskan dengan makan junk food, kurang minum air putih, kurang olahraga, yang efeknya baru kerasa puluhan tahun berikutnya. Sering liat juga orang dewasa yang nyesel kenapa gak rajin olahraga dari muda. Mengadopsi gaya hidup sehat baru setelah 30/40 tahun keatas. Setelah masa emas tubuh sudah jauh berlalu. Meskipun umur gak ada yang tau ya. Gak tau juga apakah gue bakal hidup sampe umur 50/60/70 tahun. Yang gue tau gue hidup sekarang dan gue gak mau merusak masa emas ini dan sakit-sakitan di hari tua. Pola hidup sehat ini pun gue mulai pelan-pelan dan dari yang gak susah dulu dengan minum air putih minimal 2 liter/hari, olahraga 15 menitan rutin tiap hari dan mengurangi makan makanan kemasan (processed foods). Yang penting tubuh selalu aktif gerak dan kurangi makanan yang instan-instan. Setelah berbulan-bulan melakukan itu, sekarang saatnya gue menaikkan level dan mencoba untuk mengubah pola makan sehari-hari.

Image via instagram.com

Gue melakukan ini ada research dulu pastinya. Gue juga bingung gimana ngelakuinnya kalo gak research dulu. Bagaimana cara memulainya? Apa saja yang harus gue siapin? Apa saja yang harus gue hindari? Gitu gitu. Makanya sebulan kemarin gue melakukan banyak research dan sekarang udah bisa gue rangkum dan ambil kesimpulannya.

Gue akan membuat Meal Plan untuk seminggu. Dari hari senin-minggu gue udah harus plotin mau makan apa untuk breakfast, lunch and dinner  termasuk snack. Setelah gue plotin mau makan apa aja, dari situ ketauan gue butuh bahan makanan apa aja. Usahain cari menu yang memenuhi kebutuhan nutrisi yang lengkap dari karbo, protein, vitamin, serat dan lemak. Bikin anggaran dananya. Baru deh belanja ke pasar di salah satu hari weekend, dengan budget yang sudah diperkirakan. Gue udah buat meal plan untuk minggu pertama Oktober, anggarannya juga udah ada dan akan belanja di hari minggu besok. Memang kedengarannya ribet harus plotin makan apa buat seminggu. Tapi ada trik mudah kok untuk meal planning. Gak pusing cari menu tapi kebutuhan nutrisi pun tercukupi. Mungkin gue akan share tentang meal planning di postingan mendatang. Pada akhirnya keribetan ini worth it kok 😊


Di akhir bulan, jika challenge ini berhasil, gue akan dengan bangga memberi reward pada diri sendiri yang sampai saat ini masih gak tau mau apa hihihi. Yang pasti bukan makanan manis. Dulu prinsip reward gue adalah es krim. Because who doesn’t love ice cream?! Not me. Tapi karena sekarang mau ngurangin asupan gula, jadi bentuk reward-nya mungkin pergi nonton atau beli buku baru atau beli sendal lucu baru atau beli makeup baru HAHA pokoknya masih belum tau apa. Insya Allah gue akan tulis weekly recap-nya disini. Semoga bisa terinspirasi dan ikutan mengadopsi gaya hidup sehat juga ya. Mumpung masih muda 😍

Image via frugoal



chacha
XO♥XO

You May Also Like

0 comment

Call Me Pinky is an online journal that shares life adventure, dream, and all other random good things. Thank you for taking your time reading this site and for leaving comments. I appreciate that a lot. xx